Kabupaten Manggarai Timur adalah kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kabupaten Manggarai Timur merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Manggarai, tepatnya pada tanggal 17 Juli 2007. Luas Wilayahnya 2.643,41 km⊃2; memiliki 9 Kecamatan, 17 Kelurahan dan 159 Desa. Jumlah penduduk Kabupaten Manggarai Timur adalah 289.148 jiwa (2013). Pusat pemerintahannya berada di Kecamatan Borong 
Namun bila kita sedikit keluar dari wacana kota ini, kita akan melihat berbagai ragam kondisi dan situasi yang ada di sana. Dari sini kita akan menuju ke sebuah lokasi, tempat dimana aku pertama kali menyapa dunia ini dan diperkenalkan dengan sosok yang  sangat berjasa dalam hidup dan itu dalah KAMPUNG TEONG. Teong  adalah sebuah kampung diatas bukit, yang berlokasi di Desa Gising, Kecamatan Elar Selatan. Sebuah kota kecil nun jauh disana, jauh mata memandang namun terpatri didalam sanubari. Berada di kota yang berbeda dengan keluarga banyak menemukan suka dan duka kehidupan tersendiri. Tentu saja membuat rindu menggebu sering mengganggu. Jarak yang terlampau jauh membuatku tak bisa bertemu secepatnya dengan keluarga tercinta, hingga rindu ini tertimbun dalam hati. Walaupun diperantauan bisa belajar mandiri untuk mencapai cita-cita. Tapi rasa tidak bisa dibohongi, rasa rindu ini terus merontah-rontah, membuat bendungan dipelupuk mata ini jebol menahan tangisan sehingga air mata bercucuran  membasahi kerinduan.

AKU MERINDUKAN KAMPUNG HALAMANKU
Sudut sepi, kini
Kembali aku merindu sangat rindu
Gundah, resah dan gelisah menari-nari di kalbu
Bercumbu dengan setumpuk rindu yang membelenggu
Masih ku ingat saat itu.. Ya saat itu
Saat aku berlari lari tanpa alas kaki,
mengejar, berterik dihalaman rumah,... oper bola..nyaaa
yahh... akau rinduu...sangat rindu
Kubangan hening kala ku sendiri..
Ramai riuh hadir dibibir ilusiku
Hadirkan sebersit senyum terindah saat saling membuli kawan
Senyum yang semakin memberatkan rinduku
Haruskah ku buang  itu?
Haruskah aku?
Ah.. Aku tidak dan tak akan mampu
Wahai kampung halamanku 
Dengan cara inilah aku mencintaimu
Kamar sunyiku, saat itu..
Sayup-sayup ku ingat kembali kisahku
Kau tahu apa yang kutemukan? Kenyamanan, cuma itu
Rasa nyaman yang membuka mataku membuatku ingin kembali pulang
Pula yang membuka hatiku merasakan kerinduann
sebaik-baiknya kota besar tak sebaik kota kecilku teong
memberiku rasa nyaman dan kedamai dan cinta.
Dan dalam hatiku, aku melihat kota kecilku 
Hingga takan bosan ku berbisik
Aku Merindukan Kampung Halamanku

Oleh Martenius 2019
Surabaya Jawa Timur Indonesia

Halaman kampung Teong+de zalik

Oleh Martenius Jalik
Surabaya Jawa Timur Indonesisa