KAIN SONGKE merupakan kain tenun khas daerah manggarai, Kain tenun songke juga biasa di sebut lipa atau towe, dewo, kimbi. Dalam bahasa setempat di kenakan oleh  laki - laki dan perempuan, baik di rumah maupun saat menghadiri ritual adat, ke gereja, ketika mandi dan tidur, saat kelahiran dan pernikahan, dan untuk membungkus orang yang telah meninggal.  Songke juga bisa menjadi pemberian saat acara lamaran dalam istilah orang Manggarai “masuk minta” (lipa widang) dari orang tua kepada bakal keluarga baru. Dan dari fungsinya Lipa Songke kerap kali dianggap sebagai “wengko weki,” yang melindungi tubuh.
Kain sarung tenunan ini sekarang menjadi sangat populer bahkan sampai dunia internasional. Kain songke memiliki daya tarik dan pesona yang sangat indah bagi siapa saja. Jika memakai lipa songke ini aura keagungan terpancar karena nuansa budaya akan sangat terasa disitu.
Ada dua sebutan untuk orang yang memakai lipa songke ini. Yang pertama Tengge yang khusus untuk sebutan bagi pemakai pria. Kedua deng sebutan untuk pemakai kaum wanita.
Bagi kaum wanita ketika memaki lipa songke (tengge songke) ini memiliki pesona tersendiri mereka akan terlihat anggun sangat cantik menawan akan terlihat lebih feminim dan indah. Jika kaum pria yang memakai lipa songke (tengge songke) mereka akan terlihat gagah. Terpancara aura kesatria yang kuat dan penuh pesona, tampan dan penuh daya tarik menarik perhatian para kaum wanita.
Jika berkaca dari cerita adat Manggarai jika seseorang melintasi jalan setapak di tengah kampung untuk urusan adat sambil mengenakan kain songke itu menunjukkan orang tersebut punya status sosial sebagai kraeng. Jika tengge songke, maka dia itu kraeng. Jika tengge songke pas di bawah lutut, ia orang biasa. Jika naik kuda, kraeng disambut di natas (halaman kampung) oleh orang yang tengge pendek di kampung itu, pegang kuda, lalu dituntun ke arah batu besar supaya mudah turun. Kalau tidak ada batu, turun di anak tangga rumah atau di paha seseorang yang pegang kuda. Di dalam rumah, kraeng disambut di ruang tamu, pake kain songke juga, duduk bersila lalu jabat tangan dengan tamu.
Kata Bahasa Manggarai :
· Tegge Songke
· Songke
· Tengge
· Towe
· Wengko Weki
· Lipa
· Lipa Widang
· Tua Teno

Angela Merici Ndoang + de zalik