Sebagaimana kesedihan memang menciptakan hati bersedih, namun dibaliknya mengajarkan perihal arti ketegaran hati menghadapi permasalah, walaupun terkadang hati menangis dan kecewa, namun semua itu merupakan cara Sang Penguji untuk menguji kesabaran menghadapi rangkaian perjalan kehidupan. Kesedihan dan kekecewaan yang dialami seseorang perihal urusan masing-masing pribadi, namun terkadang bila mengalami kesedihan dan kekecewaan memerlukan satu hal untuk melampiaskan perasaan hati yang sedang dirasakan, dan melampiaskan dalam bentuk apapun termasuk puisi sedih atau puisi kesedihan ialah salah satu cara menciptakan hati dan perasaan. Walaupaun kita tahu bahwa puisi tak selamanya menggambar perasaan seseorang yang menulis akan tetapi paling tidak puisinya sanggup menghibur pembaca yang sedang mencicipi kesedihan alasannya beragam tergantung dari sudut pandang pembaca. Berikut ini penulis gambarkan kesedihan yang penulis rasakan sendiri dalam bentuk puisi, kita simak saja dibawah ini.

Teman Sekaligus Musuh Hidupku
Hai...
Aku adalah aksara dari kumpulan suara yang menggema
Mengalun lemah lembut
Meringkih mesra
Aku dalam dunia kerapuhan
Aku lelah dan sedih
Setiap waktu berputar bagai poros
Bersama teman sekaligus musuh hidupku
Ketika gelap menguasai mata
Hidup indah ku hanya kutemukan dalam baris-baris mimpi
Sungguh sangat menyedihkan
Kisah hidup yang menyedihkan
Yang selalu membuatku bersedih dan menangis
Hanya ada airmata di ceruk manik
Duka membayang nafas
Sampai kapan aku harus bertahan
Bertahan dengan setiap butir pill yang ku tegak
Aku lelah aku capeh
Aku bosan dengan sakit ini
Aku lelah bersabar
Aku lemah terus bersandar
Aku ingin terbang ke angkasa saja
Membuang derita yang kini menikam
Melempar jauh sejauh mungki segala sakitku
Aku ingin sembuh
Aku ingin sehat kembali

Demikianlah puisi kesedihan ini, puisi ini terinspirasi dari cerita hidup seorang pasien yang ingin terlepas dari penderitaan sakit yang sedang dideritanya. Ingin sembuh kembali, ingin kembali hidup normal seperti orang sehat pada umumnya.
Semoga setiap pasien yang sedang dalam proses perawatan ataupun pasien yang proses rawat jalan selalu diberikan kesembuhan dan selalu di anugerahi kesehatan. Amin.

Oleh Martenius de Zalik
Surabaya Jawa Timur Indonesisa


musuh dalam hidup